Keadilan
Keadilan

KEADILAN – Memiliki banyak prestasi Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak berpeluang kuat menggantikan posisi Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang bakal memasuki masa pensiun pada 26 November 2023 mendatang.

“Ya kemungkinan itu ada. Karena beliau (Maruli Simanjuntak-red) kan bintang tiga, bisa menjadi bintang empat,” ujar anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi kepada keadilan.id, Kamis (14/9/2023).

Namun kata Bobby, Maruli harus terlebih dahulu mengisi posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang juga memasuki masa pensiun pada November 2023.

Lanjut Bobby, setelah Maruli mengisi jabatan tersebut lalu diangkat menjadi Panglima TNI. “Dan proses bintang empat itu tidak terlalu lama. Dalam waktu sampai Desember, semua itu bisa dimungkinkan,” beber politisi Golkar itu.

Akan tetapi, kata Bobby, hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden. Merujuk pada aturan mengenai pengangkatan calon Panglima TNI tertuang dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, tepatnya pada Pasal 13.

“Tapi nanti kita lihat siapa usulan Bapak Presiden, kalau itu memang sesuai persyaratan Undang-Undang,” tegasnya.

Maruli Simanjuntak jebolan Akademi Militer (Akmil) 1992. Dia berpengalaman di bidang Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli Simanjuntak menjadi salah satu lulusan Akmil 1992 yang sudah mencapai pangkat perwira tinggi (pati). Selain dirinya, terdapat sejumlah nama lain seperti Mayjen TNI Erwin Djatniko (Pangdam III/Siliwangi), Brigjen Adisura Firdaus Tarigan (Stafsus KSAD), Letjen Richard Taruli Horja Tampubolon (Pangkogabwilhan III), dan lainnya.

Dalam karirnya, Maruli telah menyabet sejumlah brevet TNI. Di antaranya Brevet Komando Kopassus, Brevet Cakra Kostrad, Brevet Para Utama, Brevet Setia Waspada Paspampres, Brevet Alumni Seskoad, hingga Brevet Kualifikasi Taipur.

Maruli juga memiliki beberapa brevet dari militer asing seperti Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), Master Parachutist Badge (Singapore Army), dan Advanced Military Free Fall Parachutist Badge (Singapore Army).

Sebelum menduduki Pangkostrad, dia juga telah banyak menyemat jabatan strategis lain. Seperti Danrem 074/Warastratama (2016-2017), Kasdam IV/Diponegoro (2018), Danpaspampres (2018-2020), hingga Pangdam IX/Udayana (2020-2022).

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar

Tagged: , , ,