Keadilan

KEADILAN – Nawawi Pomolango dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua KPK sementara di Istana Negara, Senin (27/11/2023). Nawawi ditunjuk menggantikan Firli Bahuri yang sebelumnya telah diberhentikan sementara sebagai orang nomor satu di KPK. 

Mantan Ketua KPK Firli kini berstatus tersangka atas dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Firli diberhentikan sementara agar dia bisa lebih fokus menyelesaikan permasalahan hukum yang menjeratnya di Polda Metro Jaya. 

Nawawi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 P Tahun 2023 tentang pemberhentian sementara Ketua merangkap anggota dan pengangkatan Ketua sementara KPK.

Selain dilantik, Nawawi juga mengucapkan sumpah jabatan;

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga.

Ganti Firli Bahuri, Nawawi Pomolango Dilantik sebagai Ketua KPK Sementara 1

Saya bersumpah bahwa saya, untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam tugas ini, tidak sekali-kali akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga suatu janji atau pemberian. Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada dan akan mempertahankan serta mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi negara Republik Indonesia.

Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, seksama, objektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara.

Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapapun juga. Saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diamanatkan undang-undang kepada saya,” begitu sumpah jabatan yang diucapkan Nawawi.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanudin. Hadir juga Dewas KPK, yakni Tumpak Hatarongan Panggabean, Albertina Ho, Syamsuddin Haris dan Harjono. Tiga pimpina  KPK juga hadir,  Nurul Ghufron, Johanis Tanak dan Alexander Marwata.

Reporter: Penerus Bonar

Tagged: , , ,