Keadilan

KEADILAN– Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menambah hukuman uang pengganti yang wajib dibayarkan oleh mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dari Rp15,5 miliar menjadi Rp16,1 miliar dan 10 ribu dolar AS.

Uang tambahan hukuman tersebut, diputus dalam sidang banding yang dibacakan majelis hakim tinggi PT DKI Jakarta pada Senin (12/2/2024) kemarin.

“Menjatuhkan hukuman uang pengganti senilai Rp16,1 miliar dan 10.000 dolar Amerika Serikat,” demikian dikutip dari laman resmi MA, Selasa (13/2/2024).

Adapun hakim memperingatkan, jika Plate tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti.

Selain itu, jika politikus NasDem itu tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka dipidana penjara selama 5 tahun.

Diketahui, Johnny telah divonis bersalah di pengadilan tingkat pertama dan di tingkat banding. Hukuman penjara badannya tidak berubah yakni 15 tahun penjara.

Meski hukuman uang pengganti Plate bertambah di tingkat banding, relatif lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa yang meminta hakim menjatuhkan hukuman uang pengganti sebesar Rp17,8 miliar dengan subsider 7,5 tahun penjara.

Reporter: Ainul Ghurri
Editor: Darman Tanjung

Tagged: , , ,