Keadilan

KEADILAN – Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan sangkaan pencemaran nama baik, fitnah dan berita bohong.

Pelapornya Rosan Perkasa Roeslani 
selaku Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Laporan itu teregister dengan nomor LP/B/52/II/2024/SPKT/BARESKRIM POLRI.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Erdi A Chaniago membenarkan adanya laporan polisi terhadap Connie. “Iya benar ada laporan tersebut ke Bareskrim Polri,” kata Kombes Erdi di Jakarta, Selasa (13/2/2024).
 
Connie diduga melakukan tindak pidana pencemaran nama baik, fitnah dan berita bohong. Dugaan ini merujuk pada ucapan Connie dalam video di kanal YouTube “Kanal Anak Bangsa”.

Dalam laporannya, Rosan menyebut Connie selain mencemarkan nama baik dan fitnah juga menyebarkan berita bohong yang menyesatkan. Connie disangkakan melanggar Pasal 45 ayat (4) juncto Pasal 27A UU Nomor 1 tahun 2024 perubahan kedua atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 310 KUHP, Pasal 311 KUHP dan/atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946.
 
Adanya laporan polisi yang diterima Bareskrim Polri menurut Kombes Erdi, penyidik Bareskrim Polri akan meneliti terlebih dahulu. Kemudian, pelapor dan terlapor akan dimintai keterangan.
 
Sementara itu, Otto Hasibuan selaku tim hukum Rosan menyebutkan laporan polisi tethadap Connie telah dilaporkan pihaknya pada Senin (12/2/2024).
 
Katanya ada ucapan terlapor Connie yang diduga mencemarkan nama baik Rosan.
“Dugaan perbuatan pidana dan pencemaran nama baik terhadap Pak Rosan dengan kata-kata yang ada di dalam video-video atau medsos yang ada,” ujar Otto.

Reporter: Penerus Bonar

BACA JUGA: Polisi Masih Lengkapi Berkas Perkara Firli Bahuri yang Dikembalikan Jaksa

Tagged: , , ,