Keadilan

KEADILAN– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan KPU provinsi DKI Jakarta memfasilitasi para tahanan KPK agar dapat melakukan pencoblosan surat suara Pemilu 2024.

Pantauan keadilan.id suasana pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) rumah tahanan KPK atau TPS 901 berlangsung tertib.

Para tahanan KPK berdatangan dari mobil minibus berwarna hitam sekitar pukul 07.45 WIB. Rombongan tahanan itu dijaga ketat oleh sejumlah anggota polisi yang kemudian masuk ke ruang TPS KPK untuk menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2024.

Dalam pelaksanaan pencoblosan, petugas KPU melakukan pemanggilan satu per satu terhadap tahanan KPK. Kemudian, para tahanan itu melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disediakan KPK di Rutan Gedung Merah Putih.

Salah satunya, mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mencoblos pada pukul 10.30 WIB dengan mengenakan kemeja putih panjang dengan celana panjang dan sepatu hitam.

Hanya saja, ia tidak mengenakan rompi tahanan KPK seperti dua rombongan di Rutan Guntur maupun di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau C1. Ia nampak tersenyum dan sesekali berpose hormat kepada awak media di tempat.

Setelah mencoblos di bilik suara, SYL kemudian memasukan hak pilihnya ke kotak suara dan menempelkan jarinya ke tinta ungu sebagai tanda dirinya telah menggunakan hak suara pada Pemilu 2024.

Dalam rombongan yang sama, sebelumnya eks pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo juga ikut mencoblos di TPS KPK. Meskipun telah divonis 14 tahun pidana, Rafael tetap ditahan di Rutan KPK karena putusan tersebut masih belum memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Usai mencoblos, rombongan rompi orange itu kemudian masuk lagi ke mobil tahanan untuk kembali menjalani masa hukumannya di Rutan masing-masing.

Adapun, dalam pencoblosan di TPS KPK terbagi menjadi tiga kloter yakni, Rutan Gedung Merah Putih (K4), Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (C1), dan Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Hal itu disampaikan oleh Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. Ali mengatakan bahwa ketika pencoblosan, lembaga antirasuah memastikan seluruh tahanan KPK mendapat hak pilihnya sesuai amanat undang-undang Pemilu Indonesia.

“Penyediaan tempat pemungutan suara berada di dua lokasi yaitu di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih untuk para tahanan yang berada di Rutan Gedung Merah Putih, Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, dan Rutan Pomdam Jaya Guntur, Kemudian TPS kedua berlokasi di Rutan Puspomal, yang akan difasilitasi dari Petugas TPS di sekitar lokasi Puspomal,” kata Ali, Rabu (14/2/2024).

Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU pada Juni 2023 berjumlah 88 orang, namun saat ini jumlah tahanan KPK berjumlah 75 orang dengan rincian 67 orang di K4, C1, dan Guntur, serta 8 orang di Puspomal.

“Pencoblosan akan dimulai pada pkl. 07.00 sampai 13.00 WIB, yang selanjutnya akan dilakukan penghitungan suara. Anggota KPPS berjumlah 7 orang yang berasal dari warga sekitar dan petugas rutan,” tuturnya.

Ali memastikan, seluruh tahanan bebas memilih calon legislatif, DPRD, DPD hingga presiden sesuai asas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Fasilitasi pencoblosan dalam pemilu ini sebagai bentuk komitmen KPK dalam menjamin hak-hak dasar bagi para tahanan KPK. Dimana Tahanan sebagai warga negara berhak untuk memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,” pungkasnya.

Reporter: Ainul Ghurri
Editor: Darman Tanjung

Tagged: ,