Keadilan
Keadilan

KEADILAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah menyampaikan hasil evaluasi infrastruktur dan transportasi pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024 pada Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (5/6/2024). Kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan turut berkontribusi dalam peningkatan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024.

Sekjen Zainal Fatah menyampaikan secara umum kesiapan infrastruktur jalan dalam mendukung arus mudik Lebaran 2024 sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya dengan adanya penambahan 15 ruas tol operasional sepanjang 236,4 km yang terdiri dari 10 ruas di Pulau Jawa sepanjang 90,6 km dan  5 ruas di Pulau Sumatera sepanjang 145,8 km.

“Keberhasilan penanganan arus mudik dan arus balik Lebaran ditentukan oleh tiga faktor kunci yakni sarana dan prasarana, regulasi yang baik, dan perilaku pengguna jalan,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Dukungan infrastruktur juga dilakukan dengan dibukanya jalan tol secara fungsional saat Lebaran 2024 sebanyak 6 ruas sepanjang 167,2 km.

Adapun 6 ruas tol fungsional Lebaran 2024 adalah Tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara – Sadang  (8,5 km), Tol Solo – Yogyakarta – NYIA segmen Kartasura –Gondang (25,6 km), Tol Cimanggis – Cibitung seksi 2B Cikeas – Cibitung (19,6 km), Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung – Indrapura Dan 3-4 Sinaksak – Seribu Dolok (56,6 km), Tol Bangkinang – Tanjung Alai (24,7 km), dan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 Limapuluh – Kisaran (32,2 km).

“Upaya lainnya adalah pemberlakuan diskon tarif tol atas inisiatif BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) yang disetujui oleh Kementerian PUPR dengan tujuan untuk memecah volume/lalu lintas pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, serta sesuai dengan kebijakan perpanjangan masa cuti bersama,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus selaku pimpinan rapat menyampaikan apresiasinya atas kerja bersama seluruh stakeholders dalam memeberikan pelayanan infrastruktur dan transportasi pada masa arus mudik/arus balik Lebaran 2024.

Komisi V DPR RI mencatat pada masa arus mudik/balik Lebaran 2024 terjadi penurunan angka kecelakaan sebesar 8 persen dari tahun 2023 atau sebanyak 3.286 kasus.

“Hal ini menunjukkan bahwa koordinasi antar stakeholder terus mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Lasarus.

Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI turut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang baru Marsekal Madya TNI Kusworo, dan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.

Reporter: Junaidi P.Hasibuan
Editor: Penerus Bonar

BACA JUGA: Bendum NasDem: Sumbangan Partai Maksimal Rp1 Miliar

Tagged: , , ,