Keadilan

KEADILAN – Masing-masing pasangan calon (paslon) calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) telah memiliki jadwal tersendiri pada kampanye hari pertama, Selasa (28/11/2023).

Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskadar alias Cak Imin pada hari pertama tidak berjalan bersama. Anies akan mengawali kampanye perdana di wilayah Tanah Merah, Jakarta Utara.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Tim Nasional Pemenangan (TPN) Anies-Muhaimin (AMIN) , Syaugi Alaydrus.
Syaugi mengatakan Anies memiliki sejarah tersendiri dengan Tanah Merah. Namun tidak menjelaskan alasan pemilihan tempat tersebut.

“Pertama (Anies) ada di Jakarta, kick off-nya ada di Tanah Merah, kemudian setelah itu siang ke Bogor setelah itu ke Bandung untuk capres,” kata Syaugi.

Sementara Cak Imin kata Syaugi akan mengawali kampanye di Jawa Timur. Cak Imin akan mengunjungi ibundanya sebelum bergerak ke sejumlah titik di Jawa Timur.

Sementara paslon Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum bergerak pada masa kampanye hari pertama. Pasalnya, Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta belum mengambil cuti.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Nusron Wahid. “Beliau (Prabowo) masih menjabat aktif menjadi menteri pertahanan dan Mas Gibran masih menjabat aktif sebagai wali kota. Masih bekerja seperti biasa, tidak mengambil hak cuti,” kata Nusron.

Namun, Nusron menyampaikan TKN akan mulai bergerak pada hari ini. Ia menyebut kampanye akan dilakukan secara serentak di 200 titik yang berbeda di Indonesia pada hari ini. “Serentak 200 titik se-Indonesia, kampanye apa? Sosialisasi program unggulan Pak Prabowo-Gibran,” jelasnya.

Sedangkan paslon Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga tidak berjalan bersama seperti paslon nomor urut 1.
Ganjar akan mulai berkampanye di Merauke, Papua Selatan. Wilayah yang jumlah penduduknya berkisar 232.357 jiwa (2022) itu adalah kabupaten terluas sekaligus paling timur di Indonesia.

“Menapaki langkah hari pertama kampanye dari Merauke. Karena perhatian dan pembangunan harus adil dan merata untuk kebahagiaan seluruh rakyat Indonesia,” tutur Ganjar.

Sementara Mahfud berangkat ke Aceh.
Mahfud sendiri telah mengantongi izin cuti sebagai Menkopolhukam dari Presiden Joko Widodo. Putra Madura itu memilih Aceh karena ingin Indonesia tetap bersatu.
“Ya bahwa Indonesia tuh harus bersatu, jangan kurang wilayahnya juga ya,” katanya.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar

BACA JUGA: Aturan Kampanye Pemilu 2024

Tagged: , ,