Keadilan

KEADILAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres). Debat perdana akan dihelat di kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

“Iya benar rencananya (di kantor KPU RI) dan dimulai pukul 19.00 WIB,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari kepada wartawan, Jumat (1/12/2023).

Lanjut Hasyim, debat pertama akan mengambil tema seputar hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua akan membahas tema seputar Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional. Kemudian debat ketiga seputar Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur

Sedangkan debat keempat akan membahas tema seputar Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat. Dan pada debat kelima akan membahas seputar teknologi Informasi, peningkatan pelayanan publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

Diketahui, Jadwal debat capres dan cawapres akan digelar pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2023, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Jadwal debat telah diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum. Debat bakal dilakukan dengan durasi 150 menit dengan rincian 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda iklan.

Adapun format debat pasangan calon dilakukan dengan format kandidat-moderator. Debat pasangan calon dan pendalaman materi akan dipandu oleh moderator. Masing-masing capres-cawapres tidak boleh diwakili orang lain dalam acara debat ini.

Apabila masing-masing berhalangan hadir, ia harus membawa bukti keterangan pihak terkait dan menyampaikannya ke KPU maksimal 3 hari sebelum debat dihelat. Hal ini diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar

Tagged: , , ,