Keadilan
Keadilan

KEADILAN – Institut Karatedo Indonesia Jawa Barat (Inkai Jabar) yang tergabung dalam tim Garuda Gemilang Jabar meraih juara umum 3 dalam ajang Kejuaraan Karate Open Championship Sirkuit II FORKI Jabar tahun 2024 yang digelar di GOR Bima, Kota Cirebon, Jumat hingga Minggu (28-30/06/2024). Kejuaraan tersebut diikuti 47 tim karate se-Jabar dengan 1.286 atlet karate yang mempertandingan kelas Kata dan Kumite.

Sebagai juara ketiga, Garuda Gemilang Jabar (GG Jabar) menyisihkan 44 tim karate yang mengikuti kejuaraan tersebut. GG Jabar meraih 7 medali emas, 5 perak dan 11 perunggu. Juara umum dalam gelaran FORKI Jabar itu diraih tim Naightmare sedangkan runner up dari FORKI Kota Depok.

GG Jabar Juara Umum 3 Dalam Event Sirkuit II FORKI Jabar di Kota Cirebon 1
Ketua Manajer Tim Inkai GG Jabar yang juga Kabid Binpres Inkai Jabar Sensei Suryanto (kiri) menerima piala Juara 3 Umum yang diserahkan Bendahara FORKI Kota Cirebon Mulyana.

Tim GG Jabar diketuai Letkol Laut (S) Eko Chrisyudianto, ST., M. Tr. Opsla dengan Ketua Manajer Sensei Suryanto serta Sensei Dasri. Atas capai tersebut, Sensei Dasri mengatakan, seluruh atlet yang tergabung dalam tim harus lebih meningkatkan prestasinya serta tidak berpuas diri.

“Bagi atlet yang meraih medali jangan berpuas diri, terus berlatih untuk meningkatkan kemapuan. Sedangkan bagi atlet yang belum beruntung harus bergiat lagi. Apalagi dalam waktu dekat akan ada event Inkai tingkat nasional yang rencananya digelar November mendatang di Jakarta,” kata Sensei Dasri kepada keadilan.id, Senin (01/07/2024).

Kejuaraan yang mempertandingkan kelas Kata, Kumite serta Festival tersebut, diikuti berbagai kalangan mulai dari usia dini sampai senior. Ketua Umum FORKI Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati mengaku bangga dengan banyaknya peserta yang yang bertanding dalam event ini.

“Baik putra maupun Putri ini merupakan usia-usia pelajar dari SD SMP dan SMA serta mahasiswa memperebutkan total hadiah 25 juta baik untuk juara umum 1, 2, 3 dan atlet terbaik. Saya juga berterimakasih, Kota Cirebon dipercaya sebagai tuan rumah,” katanya.

BERITA TERKAIT: FORKI Kota Depok Runner Up Dalam Event Sirkuit II FORKI Jabar di Kota Cirebon

Sementara itu, Perwakilan Pemerintah Kota Cirebon, Pj. Walikota Cirebon, H Agus Mulyadi melalui Kadispora Kota Cirebon Irawan Wahyono mengapresiasi FORKI mencari bibit-bibit atlet yang potensial dari beragam daerah di Jabar.

Seperti diketahui, karate merupakan salah satu cabang olahraga dimana atlet berprestasinya bisa mengikuti pendidikan formal dari jalur prestasi. Misalnya, atlet berpreasi di bidang karate ini bisa masuk sekolah-sekolah negeri mulai dari jenjang SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Selain itu, prestasi di bidang karate ini bisa menjadi nilai tambah bagi atlet-atlet karate yang akan mengikuti sekolah kedinasan.

Reporter: Penerus Bonar

BACA JUGA: Karo Karo Bersaudara Raih Emas Sirkuit II FORKI Jabar di Kota Cirebon

Tagged: , , ,