Keadilan
Keadilan

KEADILAN – Kejaksaan Agung memastikan akan mengajukan kasasi terhadap vonis bebas mantan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin yang dinyatakan bebas oleh Pengadilan Negeri Stabat, Langkat, Provinsi dalam kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Harli Siregar, Rabu (10/07/2024).

Harli menjelaskan Kejaksaan mengajukan kasasi berdasarkan Pasal 253 KUHAP. Dia menyebut pertimbangan kasasi ini karena hakim tak menerapkan hukum sebagaimana mestinya. Jaksa juga berpendapat bahwa cara mengadili tidak dilaksanakan menurut ketentuan undang-undang atau hakim mengadili melampaui batas wewenangnya. “Jadi nanti JPU dalam memori kasasinya menjelaskan hal-hal di atas,” ucapnya.

Menurut Harli, JPU juga memiliki waktu 14 hari untuk menyusun dan mengajukan memori kasasi. “Ada waktu 14 hari untuk menyatakan kasasi dan 14 hari menyusun dan menyerahkan memori kasasi,” tegasnya.
Sebelumnya, vonis bebas terhadap Terbit Rencana Perangin-Angin tersebut jauh dari tuntutan JPU yang menuntutnya dalam kasus yang ramai disebut “kerangkeng manusia” selama 14 tahun.

Vonis bebas terhadap terdakwa Terbit Rencana Perangin-Angin dibacakan majelis hakim pada Senin (8/7/2024). Ketua Majelis Hakim, Andriasyah mengatakan, semua tuntutan jaksa terhadap Terbit yang tertuang dalam Pasal 2 ayat (2) jo Pasal 7 ayat (1) jo Pasal 10 Undang-undang RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang TPPO tidak terbukti. Selain itu, dakwaan terhadap Terbit juga tidak memiliki keterikatan dengan tindakan TPPO yang dituduhkan.

Reporter : Chairul Zein
Editor : Syamsul Mahmuddin

Rencana Batasi BBM Bersubsidi, LaNyalla Ingatkan Pemerintah Temukan Model Distribusi yang Tepat Sasaran