Keadilan

KEADILAN – Sebagian orang ada yang kesulitan untuk menambah berat badan. Mereka tentu bertanya-tanya bagaimana cara untuk meningkatkan berat badan?

Berikut Keadilan.id membagi lima tips bagaimana cara yang sehat untuk menaikan berat badan seperti dilansir dari laman NDTV, Minggu (10/9/2022).

1. Pintar dalam mengkonsumsi makanan

Jika kamu berfikir, menaikan berat badan bisa dilakukan dengan cara memakan segala makan itu pendapat yang salah. Meski kamu perlu banyak makan, tapi kamu harus tetap memilih makanan apa saja yang harus dikonsusmsi untuk meningkatkan berat badanmu.

Yang tepat dilakukan yaitu kamu harus memasukkan makanan sehat berkalori tinggi ke dalam tubuh. Makan makanan olahan manis atau berlemak dapat membantu menambah berat badan tetapi juga dapat menyebabkan kondisi terkait kesehatan lainnya seperti diabetes, kolesterol, dll. Misalnya, makan ubi jalar daripada kentang biasa. Hindari pula terlalu banyak makan gorengan.

2. Tingkatkan Asupan kalori

Jika kita ingin menambah berat badan, kita perlu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang kita bakar. Untuk menghitung berapa banyak kalori yang diperlukan, kamu perlu menghitung berapa banyak kalori yang dibakar dalam sehari dan merencanakan makanan yang dapat memberikan banyak kalori untuk tubuh.

Kamu dapat meningkatkan asupan kalori musim panas ini dengan menikmati smoothie. Hal tersebut dapat membantumu mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran daripada jika mereka dalam keadaan alami.

3. Konsumsi berbagai macam asupan gizi

Kunci untuk menambah berat badan adalah memberi bahan bakar pada tubuh dengan semua nutrisi dan mineral. Tubuh manusia mungkin memerlukan nutrisi tertentu untuk membantu menyerap manfaat nutrisi lain.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk makan makanan yang seimbang.

Menambahkan banyak buah, sayuran, daging (atau pengganti protein vegetarian/vegan), dan lain lain ke dalam dietmu. Hal tersebut tentu dapat membantumu menambah berat badan lebih cepat daripada diet yang hanya terdiri dari lemak dan protein.

4. Ngemil

Ngemil sering dianggap tidak sehat. Namun, itu adalah bagian penting dari diet sehat. Kamu tidak bisa merasa kenyang sementara kamu hanya makan 3 kali sehari.

Padahal, interval yang lama di antara waktu makan bisa menandakan tubuh kekurangan makanan dan menyebabkan penurunan berat badan. Meskipun ngemil dianjurkan, penting untuk tetap memperhatikan apa yang kamu konsumsi sebagai camilan.

Beberapa contoh camilan sehat adalah buah-buahan kering (almond, kacang mete, kenari, buah ara, pistachio, dan sebagainya), smoothies (cara yang bagus untuk memadatkan dan mengompres banyak nutrisi yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran), dan lain lain.

5. Minum air

Minum air putih merupakan kunci utama menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Menjaga tubuh Anda terhidrasi terutama selama musim panas sangat penting. Asupan air yang tinggi membuat Anda berenergi dan membantu tubuh Anda menyerap semua nutrisi yang mungkin disediakan makanan Anda. Seperti dibahas di atas, konsumsi yang cukup dari semua nutrisi sangat penting untuk mengoptimalkan penyerapannya.

Terakhir, perhatikan seberapa banyak kamu berolahraga dan makan. Kamu harus faham atas tujuanmu untuk menambah berat badan. Jika kamu ingin mendapatkan otot, masukkan protein dan tingkatkan latihan harian. Di sisi lain, jika kamu ingin menambah lemak sehat, makanlah makanan yang tinggi lemak. Bersamaan dengan ini, batasi latihan hingga 30 menit sehari, dan jangan terlalu memaksakan diri.

Reporter: Lili Handayani
Editor: Syamsul Mahmuddin

Tagged: , ,