Keadilan
Keadilan

KEADILAN – Satreskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menangkap 10 tersangka pencuri kendaraan bermotor (Curanmor). Delapan unit sepeda motor yang belum sempat dijual disita dari para tersangka.

Dari 10 pelaku, kata Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Raden Muhammad Jauhari, terbagi dalam dua kelompok dengan modus berbeda. Kelompok pertama, YS, OJ, DH, S dan AS dengan modus ‘memetik’ langsung kendaraan yang terparkir di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

Kelompok kedua yang beranggotakan, DM, YN, RN, YE dan S menggunakan modus berpura-pura sebagai petugas leasing yang ditugaskan untuk mengambil paksa kendaraan korban. “Para pelaku beroperasi di sekitar Bandara Soetta,” kata AKBP Raden Jauhari, Senin (18/9/2023).

Kelompok pertama, lanjut Jauhari, sebelum beraksi mengintai kendaraan yang terparkir untuk dijadikan sasaran. Kelompok kedua, mereka mengintai calon korban lalu dihentikan dan mengambil paksa motor dengan dengan memberikan surat fiktif perusahaan.

Pelaku juga memperdaya korban dengan cara  disuruh menelepon kantor. Saat korban lengah, motornya langsung dibawa kabur pelaku.

Sementara itu, Kasat Reskrim Kompol Reza Fahlevi menjenjelaskan, dari pengakuan para pelaku kelompok pertama, mereka sudah beroperasi sejak tahun 2021 silam. “Para pelaku telah beraksi di 30 lokasi. Terbanyak di wilayah Jakarta Barat dan Tangerang Kota. Jika di Bandara Soetta hanya 4 lokasi,” ujar Kompol Reza.

Sepeda motor hasil curian mereka jual ke Sukabumi dengan harga Rp2 juta hingga Rp5 juta per unit. Dalam aksinya, para pelaku lebih memilih kendaraan jenis Honda Beat lantaran memiliki alat khusus.

Secara terpisah Kapolresta Bandara Soetta Kombes Roberto Pasaribu mengimbau kepada masyarakat pemilik sepeda motor untuk menggunakan kunci ganda saat parkir. 

“Pemilik diimbau memasang kunci ganda serta tidak meninggalkan barang berharga saat kendaraanya diparkirkan. Apabila ada hal yang mencurigakan segera lapor ke polisi untuk mengantisipasi curanmor,” ujar Kombes Roberto.

Sementara itu, salah satu korban bernama Ugan Ruswendi menyampaikan apresiasi lantaran sepeda motornya yang hilang beberapa bulan lalu kini telah kembali ke tangannya.

“Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Polresta Bandara Soetta. Karena kerja keras dari bapak bapak semua, kendaraan saya hari ini Alhamdulilah sudah dikembalikan,” ucapnya.

Reporter: Penerus Bonar

Tagged: , , ,