Keadilan

KEADILAN – Peringatan bagi warga yang merencanakan mudik Idul Fitri 2024 kesejumlah daerah. Polisi mencatat, ada 116 titik ruas jalan yang akan dilalui di sejumlah wilayah di Tanah Air terdeteksi terendam banjir saat mudik nanti. 

Pihak kepolisian telah melakukan antisipasi untuk memperlancar arus mudik dengan menyiapkan jalur alternatif jika terjadi genangan air. “Kami menyiapkan 112 titik alternatif,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikutip, Selasa (26/3/2024).

Alasan disiapkan jalur alternatif karena berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca pada saat arus mudik kemungkinan masih terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga ringan.

Kepolisian segera sosialisasikan sehingga masyarakat khususnya pemudik bisa menyadari dan tahu titik-titik yang terendam banjir.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikora Karnawati menyampaikan, pemerintah sudah mengantisipasi potensi banjir dan  para pemudik diimbau terus memantau info BMKG dan Inaris BNPB.

Dikatakan Dwikora, begitu bencana terdeteksi banjir, pihaknya akan berkoordinasi dengan BNPB untuk mencegah supaya tidak terjadi bencana banjir.

Para pemudik diingatkan untuk terus memantau informasi cuaca dan kebencanaan agar dapat merencanakan mudik terhindar dari zona rawan bencana terutama banjir.

Idul Fitri 1445H/2024 diperkirakan jatuh pada tanggal 10 April. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi mulai tanggal 5 sampai 8 April dan arus balik dari tanggal 13 sampai 16 April.

Untuk pengamanan mudik-balik Lebaran 2024, Polri menggelar Operasi Ketupat 2024 selama 13 hari dari mulai tanggal 4 April sampai dengan 16 April melibatkan 155.165 personel gabungan Polri, TNI dan pihak terkait lainnya.

Polri mendirikan 5.784 posko yang terdiri atas, 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu.

Reporter: Penerus Bonar

BACA JUGA: TNI dan Kementerian BUMN Tandatangani Nota Kesepahaman Sinergitas

Tagged: , , ,