Keadilan

KEADILAN – Kasus gagal ginjal akut di Indonesia semakin meningkat khususnya pada anak anak. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menyampaikan 241 kasus gagal ginjal hingga hari Jumat (21/10/2022). 133 orang diantaranya meninggal dunia.

“Hari ini saya ingin memberi update lanjutan dari dua hari lalu. Sampai sekarang kita sudah mengidentifikasi ada 241 kasus gangguan ginjal akut di 22 provinsi dengan 133 kematian atau 55 persen dari kasus,” ungkap Budi dikutip melalui siaran pers dari laman Instagram @kemenkesri.

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Fungsinya antara lain menyaring racun yang masuk kedalam tubuh, mengendalikan jumlah air, mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah juga mengatur sel darah merah.

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal pada tubuh. Bagaimana cara merawat ginjal kita agar tetap sehat?. Berikut tips yang Keadilan.id bagi dikutip dari laman Healthline, Sabtu (22/10/2022).

1. Olaraga teratur

Olahraga merupakan aktifitas penting untuk menjaga kesehatan. Olahraga sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit ginjal kronis mengurangi tekanan darah tinggi, dan meningkatkan kesehatan jantung. Rutinlah berolahraga agar tetap aktif dan bugar.

2. Minum Air Putih

Air putih atau mineral sangat membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Minumlah yang teratur setiap hari agar ginjal tetap sehat.

Usahakan setidaknya meminum 1,5 hingga 2 liter air putih dalam sehari. Berapa banyak air yang dibutuhkan sangat tergantung pada kesehatan dan gaya hidup.

Orang yang sebelumnya memiliki batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah timbunan batu di masa depan.

3. Hindari Merokok

Rokok dapat merusak pembuluh darah tubuh dan menyebabkan aliran darah jadi lebih lambat ke seluruh tubuh dan ginjal.

4. Cek Gula Darah

Orang dengan diabetes atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi lebih rentan mengalami kerusakan ginjal.

Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dalam darah, ginjal dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah.

Jika dibiarkan selama bertahun-tahun, ginjal dapat mengalami kerusakan yang mengancam jiwa.
Mengurangi risiko kerusakan tersebut dapat dilakukan dengan mengontrol gula darah.

5.Perhatikan Jumlah Pil Pereda Nyeri yang Dikonsumsi

Jika diharuskan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, maka tubuh rentan mengalami kerusakan ginjal.

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal jika meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi.

Diskusikan dengan dokter tentang obat untuk mengatasi nyeri yang aman untuk ginjal.

6. Lakukan Tes Fungsi Ginjal Jika Berisiko Tinggi

Jika berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, cobalah melakukan tes fungsi ginjal secara teratur.

7. Makan Makanan yang Menyehatkan dan Perhatikan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal.

Makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan masih banyak lagi.

8. Cek Gula Darah

Orang dengan diabetes atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi lebih rentan mengalami kerusakan ginjal.

Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dalam darah, ginjal dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah.

Jika dibiarkan selama bertahun-tahun, ginjal dapat mengalami kerusakan yang mengancam jiwa. Dengan mengontrol gula darah dapat mengurangi risiko kerusakan tersebut.

Reporter : Lili Handayani
Editor : Syamsul Mahmuddin

Alvin Lim Sudah Tepat Ditahan, Pengamat: Jaksa Salah Bila Tak Menahan

Tagged: , , ,