Keadilan

KEADILAN- Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto melakukan kunjungan kerja (kunker) pertamanya ke Polres Sukamara, Selasa (28/11/2023). Kunjungan ini dilakukan bersama sejumlah pejabat utama Polda Kalteng.

Dalam kunjungannya, Kapolda mengatakan bahwa semua pihak telah sepakat untuk menjadikan Kabupaten Sukamara bagian dari wilayah hukumnya tetap aman dan nyaman.

“Sukamara menjadi pilihan pertama saya dalam melakukan kunker ke wilayah. Tujuannya, bagaimana supaya kita mengetahui tentang situasi Kamtibmas di wilayah ini,” ujar Djoko.

Menurutnya, dari hasil pertemuan dengan forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lainnya telah sepakat menjaga Kamtibmas aman dan nyaman apapun kegiatan masyarakat.

“Kita samakan persepsi yang mana kata kuncinya adalah komunikasi timbal balik untuk menjaga Sukamara agar aman dan nyaman,” jelas Djoko.

Dalam kunjungan perdana eks Kapolda NTB ini juga membagikan bantuan sosial berupa paket sembako dan uang tunai yang dibagikan ke sejumlah warakawuri, anak yatim piatu dan kader Posyandu setempat yang ikut berperan aktif dalam menanggulangi stunting di wilayah Kabupaten Sukamara.

Sementara itu, Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna merasa bangga atas kunjungan yang dilakukan oleh mantan Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri tersebut.

Apalagi, kunjungan Djoko bersama dengan Ketua Bhayangkari Kalteng ini menjadi yang pertama dilakukan sejak menjabat sebagai Kapolda Kalteng.

“Bapak Kapolda Kalteng bersilahturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat baik Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, para pengusahaan, tokoh-tokoh paguyuban yang ada di Kabupaten Sukamara,” ujar Dewa Made.

Dalam kunjungannya itu, jenderal bintang dua itu disebutnya juga memberikan arahan kepada personel Polres Sukamara. Salah satu arahannya itu yakni jika Korps Bhayangkara merupakan pemelihara dan menjaga situasi Kamtibmas.

“Beliaunya juga mengarahkan kami bahwa Polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Jadikan tugas-tugas itu merupakan amanah laksanakan dengan ikhlas dan kebersamaan,” kata Dewa Made.

Diketahui, dalam kegiatan itu Ketua Bhayangkari Kalteng Irna Djoko Poerwanto memberikan arahan kepada anggota Bhyangkari Cabang Sukamara.

Selain itu, Irna juga meninjau kebun Bhayangkari yang saat itu melakukan pemanenan sayur hidroponik dan panen palawija serta pelepasan bibit ikan budidaya ke kolam ikan Bhayangkari.

Mengakhiri kunjungannya, Djoko bersama istrinya menyempatkan dirinya untuk memberikan tali asih kepada anak yatim-piatu, Warakauri dan Kader Posyandu  sebagai wujud empati silahturahmi dengan masyarakat dan sepuh Polri.

Reporter : Darman Tanjung

Tagged: , , ,