Keadilan

KEADILAN – Dua kelompok massa yang berdemonstrasi secara berbarengan di depan Gedung DPR RI pada Jumat (1/3/2024) telah bubar dengan tertib. Kondisi ini disambut baik oleh Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

“Semua elemen sudah meninggalkan dengan tertib dan sudah meninggalkan area DPR ini dan sejak pukul 17. 00 WIB dengan tertib dan terkendali,” ujarnya.

Dengan bubarnya aksi massa tersebut, Susatyo menyampaikan jalur kendaraan secara perlahan telah dibuka untuk pengguna jalan.

“Jalur busway sudah dibuka, sehingga tidak terlalu terjadi kepadatan dari arah Semanggi. Setelah petugas kebersihan merapikan, nanti kami buka segera jalur arah ke Slipi,” lanjutnya.

Terkait disatukan dua aksi demo yang berlawanan tuntutan, Susatyo menjelaskan pihaknya telah menyiapkan dua lokasi untuk massa pro dan kontra dengan pasukan yang ada di tengah sebagai perwakilan pihak keamanan agar tidak terjadi gesekan.

“Antisipasi sejak mereka datang dengan para korlap (koordinator lapangan) sudah bertemu dengan pihak keamanan sehingga mereka memahami dengan pola yang dilakukan untuk melayani dan mengamankan kegiatan aksi mereka,” pungkas Kombes Susatyo.

Reporter : Chairul Zein/Ainul Ghurri
Editor : DarmanTanjung.

 

Tagged: , , ,