Keadilan

Keadilan – Akhir pekan biasanya menjadi momen kita dapat beristirahat usai menjalani kesibukan hari-hari. Namun akhir pekan juga kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk menyiapkan kembali tubuhmu untuk beraktifitas kembali nanti.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki stamina tubuh, dikutip Keadilan.id melalui kanal youtube IndonesiaBaikID.

1. Olahraga selama 30 menit.

Kamu bisa melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Diakhir pekan, kamu bisa memiliki banyak waktu luang untuk olahraga. Hal ini tentu bertujuan untuk memperkuat imun dan menyehatkan tubuh. Lakukanlah minimal 30menit.

* Menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit
* Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh
* Meningkatkan kualitas hubungan seks
* Membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan
* Meningkatkan rasa percaya diri
* Mengurangi stres dan emosional
* Membuat tidur lebih nyenyak, 
* Membuat wajah & tubuh lebih segar

2. Tidur yang Cukup

Kurang tidur akan membuat tubuhmu lelah. Hal itu juga mampu merusak konsentrasimu sehari hari. Tentu kurang tidur akan mengganggu aktifitas kerjamu. Selain itu, kurang tidur akan membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Berikut beberapa manfaat dari tidur secukupnya:
* Meningkatkan konsentrasi dan produktifitas,
* Meningkatkan suasana hati,
* Meningkatkan daya ingat,
* Memperkuat system kekebalan tubuh,
* Mengontrol kadar gula rendah,
* Menjaga berat badan tetap ideal,
* Menjaga kesehatan jantung

3. Lakukan kegemaran atau hobi

Jika kamu tidak bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai disela aktifitas kerja. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk menyalurkan hobimu tersebut. Lakukanlan aktifitas kegemaranmu tersebut.

4. Membaca

Dengan membaca, wawasan kita akan semakin luas. Tambahlah wawasan di bidang ilmu pengetahuan, social, ekonomi, budaya, dan berbagai aspek kehidupan lainnya dengan membaca di akhir pekan ini.

5. Menonton TV atau mendengarkan musik

Menonton TV bersama keluarga ataupun sendirian akan membuattubuhmu relaks. Tonton film kegemaranmu, seperti film romantis, drama korea dan lain sebagainya. Jika tidak ingin menonton TV, kamu cukup menyalakan musik kegemaranmu. Itu juga akan mengembalikan semangatmu.

6. Mengkonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi sayur dan buah sangat penting karena sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral, yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh serta mengandung serat yang tinggi.

Sedangkan mengkonsumsi ikan baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, mulai dari fisik dan mental. Dan ikan kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan jantung hingga tulang. 

7. Minum air mineral minimal 2 liter

Pada dasarnya orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya 8 gelas perhari, atau setara 250 mililiter tiap gelasnya. 
Dilansir melalui laman resmi Kemenkes, manfaat minum air 8 gelas sehari:
* Dapat memelihara fungsi ginjal
* Menghindari dehidrasi
* Mengurangi risiko kanker kandung kemih
* Memperlancar pencernaan, Perawatan kulit 
* Dapat Mengontrol kalori.