Keadilan

KEADILAN – Komisi V DPR RI meminta pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersikap tegas terhadap maskapai penerbangan yang mematuhi aturan batas atas harga tiket pesawat.

Hal tersebut diutarakan oleh anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi menanggapi antisipasi lonjakan harga tiket pesawat menjelang mudik lebaran 2024.

“Pada saat kita mau menyesuaikan harga tiket itu. Pemerintah harus memanggil dan kemudian itu dijalankan tidak. Sifatnya himbauan. Waktunya pemerintah tegas,” ujar Fauzi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Menurut Fauzi, pihaknya banyak menerima laporan masyarakat terhadap kenaikan harga tiket yang tidak wajar tersebut. Namun dia enggan menyebut jumlah laporan tersebut. “Sampai sekarang pengaduan lebih banyak di DPR,” tegasnya.

Fauzi menambahkan kenaikan harga tiket merupakan urusan manajemen perusahaan. Bukan masalah teknis lapangan. Untuk itu, harga tiket harus dijual sesuai peraturan yang berlaku.

Dalam waktu dekat kata Fauzi, pihaknya akan memanggil Kemenhub dan perusahaan penerbangan untuk menanyakan keluhan masyarakat atas harga tiket yang fantastis.

“Kok tiket selalu naik. Tidak hanya lebaran saja atau hari-hari besar tetapi kecenderungannya begitu. Kita meminta penjelasan. Penjelasan itu menurut kami memang mungkin bisa rapat bersama dengan komisi V dan VII, bagaimana menekan biaya itu ya,” tukasnya.

Diketahui, aturan terkait tarif tiket merupakan amanah dari Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Kemudian Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Lalu Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor 106/2019 tentang tarif batas atas penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri. Adapun aturan ini bertujuan untuk menyeimbangkan kemampuan daya beli masyarakat serta kesinambungan usaha angkutan udara.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar

BACA JUGA: 2.398 personil Amankan Pertandingan Indonesia vs Vietnam di SUGBK

Tagged: , , , ,