Keadilan

KEADILAN – Beruntung lah seorang ayah dan ibu yang biasa menyanyikan lagu atau cerita pengantar tidur untuk anak. Pasalnya kebiasaan tersebut ternyata memiliki sangat banyak manfaat untuk perkembangan untuk pertumbuhan anak. Lagu populer pengantar tidur anak adalah Nina Bobo.

Sebagaimana dikutip dari https://www.halodoc.com, menyanyikan lagu untuk anak selain membangun bonding (ikatan), meningkatkan memori dan membuat anak berlajar bahasa, ada berbagai manfaat buat anak:

1. Membantu mengembangkan keterampilan mendengarkan
Bernyanyi adalah cara yang baik untuk mendapatkan perhatian dan fokus bayi. Ketika mendengarkan lagu, anak belajar duduk tenang, dan mendengarkan lirik. Pada akhirnya hal ini bisa mengembangkan kemampuan berkomunikasi, yang biasanya diawali dengan meniru lirik pada lagu.

2. Membantu perkembangan otak
Menyanyikan lagu kepada bayi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Biasanya, lagu-lagu pengantar tidur, justru membantu meningkatkan perhatian bayi dan ekspresi emosi positifnya kepada orang di sekitar.

3. Menyenangkan dan membuat mood anak lebih positif
Selain semua manfaat yang sudah disebutkan tadi mengenai menyanyikan lagu untuk anak, ada manfaat lain lagi yang bisa diperoleh, yaitu membuat anak happy! Anak happy bisa berdampak pada mood yang lebih positif, tidak cepat uring-uringan dan lain sebagainya.

4. Membuat bayi bergerak
Mendengarkan lagu dapat membuat bayi bergerak mengikuti irama musik, dan sesekali mendendangkan lagu, walaupun masih dalam bentuk gumaman.

Tak Hanya Nina Bobo, Banyak Pilihannya

Menurut informasi yang beredar di laman internet, Nina Bobo diciptakan oleh pasangan suami istri Belanda dan Indonesia pada tahun 1800-an untuk anak perempuannya.
Nah, kalau memang tidak mau atau bosan menyanyikan Nina Bobo, toh masih banyak lagu lain yang bisa digunakan sebagai pengantar tidur. Lagu jenis apa saja yang direkomendasikan?

1. Twinkle twinkle little star
Lagu ini punya irama yang lembut dengan lirik yang cukup ekspresif, menceritakan tentang perbintangan. Lagu Twinkle Twinkle Little Star cocok dijadikan sebagai lagu pengantar tidur buat anak.

2. Somewhere over the rainbow
Selain Twinkle Twinkle Little Star, ibu atau ayah juga bisa menyanyikan lagu Somewhere Over The Rainbow. Lagu ini juga punya lirik yang positif, untuk membuat yang mendengarkan tetap semangat, meski hidup tidak sesuai dengan harapan.

3. Lagu daerah
Supaya lebih mengusung lokalitas, sekalian mengenalkan anak mengenai akar budayanya, ibu dan ayah juga bisa menyanyikan lagu daerah asal sebagai lagu tidur buat anak. Misalnya, Kampuang Nan Jauh di Mato, yang bisa dinyanyikan dengan nada rendah dan irama yang lambat.

4. Lagu klasik
Menurut jurnal ilmiah berjudul The exploration classical music contribution to improve children’s memory abilities, yang dipublikasikan di Education Guidance and Counseling Development Journal, disebutkan bahwa mendengarkan lagu atau musik klasik sejak dini pada anak, dapat meningkatkan memori dan mengembangkan daya ingat.

Reporter: Syamsul Mahmuddin

BACA JUGA: 10 Hobi Bermanfaat untuk Anak